RM Ibu Entin


Anda tergolong penggila seafood? Kerinduan akan seafood segar dijamin terobati di rumah makan yang ini. Ada otak-otak yang lezat, udang segar yang manis, cumi empuk, dan ikan bakar yang dijamin bakal menggoyang lidah. Semuanya disajikan serba segar dan panas mengepul!


Di seputaran pantai Carita memang tak pernah kehabisan restoran atau rumah makan yang menyajikan menu seafood. Tetapi ada sebuah rumah makan yang tak pernah saya lewatkan jika datang ke sini. Namanya Rumah Makan Bu Entin, letaknya tidak persis di Carita melainkan di sebelah selatan pantai Carita - Labuan.

Setelah puas bermain di pantai saya dan teman-teman langsung bergegas untuk mengobati rasa lapar kami. Maklum perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai tempat tersebut. Bagi kami hal tersebut bukan masalah, mengingat bayangan otak-otak gendut dan aneka seafood segar yang sudah menanti saat kami tiba nanti.

Kepulan asap dari tempat pembakaran yang ada di area depan rumah makan menjadi pertanda kehadiran RM Bu Entin. Beberapa pekerja Bu Entin sedang sibuk mengipas aneka satai seafood yang berjejer. Wuih... belum apa-apa saya sudah menelan air liur melihat aneka seafood segar yang sedang dibakar.

Saat terakhir mengunjunginya, rumah makan ini masih berpenampilan sederhana dan kini jadi tampak lebih bagus dan nyaman. Bahkan jejak renovasi masih tertinggal di bagian dalam tempat bersantap. Jejeran satai seafood ditaruh dalam etalase kaca besar wuih... sangat memancing selera. Untuk lauk-pauk pelengkap lainnya seperti sayuran urap, telur, tempe, balado terong, pepes tahu ditaruh dalam etalase lainnya.

Di tempat ini pengunjung tak perlu repot memesan makanan. Karena saat duduk sang pelayan akan langsung menyodorkan sepiring otak-otak dan bumbu kacang. Wah, tanpa dikomando kami pun langsung menyerbu otak-otak yang masih dalam keadaan mengepul hangat tersebut.

Memang awalnya RM Bu Entin terkenal akan sajian otak-otaknya. Saat menyobek bungkusan daun pisang yang membalutnya hmm... tampak daging otak-otak yang gendut. Teksturnya kenyal dengan rasa ikan yang kuat saat dikunyah benar-benar membuat ketagihan. Apalagi setelah dicocolkan ke sambal kacang nyam nyam... pedas gurih enak!

Saat asyik menikmati otak-otak, sang pelayan kembali membawa wadah besar berlapis daun pisang yang diatasnya terdiri dari beragam satai seafood. Ada cumi bakar, udang bakar, dan ikan kuwe bakar yang ditusuk dalam sebatang bambu. Sajian ini dilengkapi dengan sambal tomat dan sambal kecap. Kami pun menambah pepes tahu dan urap sebagai pelengkap.

Setusuk satai udang berisi 4 buah udang berukuran sedang. Tak perlu repot-repot memakai sendok garpu, karena menyantapnya mengunakan tangan makin membuatnya terasa nikmat. Kesegaran udang pun saya rasakan saat menyuapkan dagingnya yang kenyal ke dalam mulut hmm... rasanya manis sekali. Makin lezat saat dicocolkan ke sambal tomat yang terasa asam pedas. Begitu pula dengan cumi-cuminya, saat dikunyah tidak terasa alot sama sekali. Alhasil beberapa tusuk udang dan cumi telah berpindah ke dalam perut.

Untuk ikan kuwe disajikan dengan ukuran cukup besar sehingga harus dieksekusi beramai-ramai. Favorit saya adalah mencocolkan dagingnya ke sambal kecap. Eits, saking semangatnya menyantap hidangan hampir saja saya terkena ranjau rawit yang ada di dalam pepes tahu.

Yang unik sebagai pelengkap disajikan satu keranjang bambu lalapan komplet. Daun kenikir, poh-pohan, terung, kemangi, kacang panjang, timun dan tauge pendek. Tentu saja rasanya makin dahsyat saat dicocol dengan sambal sambal tomat yang asam segar.

Aneka seafood ini bukan hanya rasanya yang lezat, bahkan tangan yang digunakan untuk menyantapnya langsung pun bebas dari berbau amis. Untuk makan aneka seafood ini, kami berempat cukup menghabiskan Rp 150.000,00. Yang paling mahal adalah ikan kuwe yang dihargai Rp 30.000,00/tusuk, udang bakar Rp 15.000,00/tusuk, dan Rp 12.500/tusuk untuk cumi bakar, dan Rp 1500,00 buah untuk otak-otak.

Nah, jika lain kali jalan-jalan ke kawasan pantai Carita dan Labuan pokoknya RM Bu Entin wajib untuk disambangi. Dijamin bakal ketagihan!

RM Ibu Entin
Spesialis Otak-Otak
Jl. Raya Labuan, Encle
Banten
(Samping Kantor Kecamatan Labuan)
Telp: 0253-802467
HP: 081321665500

 


JARINGAN INFORMASI
STATISTIK
Pengunjung : 122 orang

 IP Anda : 54.166.232.243
Hostname : ec2-54-166-232-243.compute-1.amazonaws.com
Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Sistem Operasi : Linux pdg.pandeglangkab.go.id 2.6.32-042stab120.20 #1 SMP Fri Mar 10 16:52:50 MSK 2017 x86_64








Top