Batu Bergores Cidaresi


Batu bergores Cidaresi adalah sebuah batu monolit megalitik yang memiliki goresan-goresan pada sisi batu yang berbentuk setitiga dengan goresan lain berbentuk lubang di tengah, sehingga di anggap menyerupai alat kelamin wanita, krena itu oleh penduduk setempat dinamakan “ Batu Tumbung “, yang berarti alat kelamin wanita.

Batu bergores yang berukuran sekitar 110 cm x 70 cm ini terletak di tengah persawahan penduduk, diduga dahulu di gunkan sebagai sarana atau media pemujaan dan diasumsikan juga sebagai gambaran atau symbol kesuburan dan atau sebagai lambing kesucian. Kesuburan merupakan salah satu pengharapan dari masyarakat yang hidup bercocok tanam dan beternak, mereka percaya bahwa tanaman  dan ternak mereka sangat tergantung dari perlakuan mereka terhadap arwah nenek moyangnya.

Dalam proses ritualnya diadakan symbol-simbol yang terkait dengan kesuburan. Demikian pula halnya dengan batu bergores Cidaresi yang juga diasumsikan sebagai symbol kesuburan.

Batu bergores ini terletak di Kampung Cidaresi, Desa Palanyar Kecamatan Cimanuk. Untuk menuju  ke lokasi batu  bergores Cidaresi ini dapat melalui jalur bus Pandeglang – Labuan. Di persimpangan Desa Cipeucang kea rah timur sekitar 5 km akan tiba di Desa Palanyar. Dari Ibu Kota Provinsi Banten jarak yang harus di tempuh sekitar 57 km, atau 22 km dari Ibu Kota Kabupaaten Pandeglang. 

 


JARINGAN INFORMASI
STATISTIK
Pengunjung : 962 orang

 IP Anda : 54.92.133.186
Hostname : ec2-54-92-133-186.compute-1.amazonaws.com
Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Sistem Operasi : Linux pdg.pandeglangkab.go.id 2.6.32-042stab120.20 #1 SMP Fri Mar 10 16:52:50 MSK 2017 x86_64








Top