Curug Gendang


Curug Gendang adalah sebuah obyek wisata alam yang berupa air terjun. Obyek wisata Curug Gendang yang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten ini mempunyai luas sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman air 13 meter dan tinggi air terjun nya mencapai 7 meter. Dahulu Curug Gendang ini bernama Citajur, namun karena jatuhnya air mirip seperti suara tambur atau gendang, maka oleh penduduk setempat diganti namanya menjadi Curug Gendang.

Dari Jl. Raya Pantai Carita jaraknya sekitar 2 kilometer. Jika ingin ke sana, maka setelah sampai di areal parkir obyek wisata Curug Gendang ini, di teruskan dengan berjalan kaki sekitar satu kilometer. Perjalanan menuju  lokasi air terjun curug gendang cukup “menantang” karena harus menyusuri jalan setapak yang berliku, menanjak dan di sekitarnya banyak bebatuan yang cukup licin. Namun, sambil berjalan menyusuri jalan setapak ini pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan yang kaya akan flora dan fauna.

Setelah sampai di lokasi air terjun curug gendang, pengunjung dapat mendengarkan suara air terjun yang mirip gendang sambil berendam atau bahkan mandi. Airnya yang dingin dan menyejukkan dapat menghilangkan rasa pegal atau lelah setelah berjalan turun-naik bukit. Dan, apabila sedang beruntung, dapat pula menyaksikan atraksi terjun bebas dari atas curug yang dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di desa-desa sekitar Curug Gendang. Bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan suara gemericik air pada malam hari, di sekitar lokasi air terjun juga tersedia areal untuk berkemah dengan hanya membayar beberapa lembar puluhan ribu per orang untuk satu malam. Dan, bagi pengunjung yang ingin melihat tempat wisata yang lain, sekitar 3,5 km dari Curug Gendang terdapat taman wisata alam Carita yang meliputi hutan lindung, hutan tanaman dan pantai seluas 95 ha.


Curug Gendang Carita

 

 

 











Anda pernah merasa bingung buat mengisi waktu libur, mau ke gunung atau ke pantai? Cobalah bermain ke Taman Wisata Alam Carita. Disana ada pantai sekaligus wisata alam pegunungan Curug Gendang. Curug Gendang memiliki ketinggian 170 m dari permukaan laut, terletak kurang lebih 5 km arah utara Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, Republik Indonesia. Curug Gendang memiliki mata air terjun yang berasal dari Gunung Pangajaran. Air terjun memiliki ketinggian 7 meter dan kedalaman 13 meter serta luas 10 meter. Objek Wisata Alam ini dikelola oleh BKSDA III (Balai Konservasi Sumber Daya Alam III). Nama Curug Gendang berasal dari kata "Curug" dan "Gendang". Curug berarti "air" sedangkan "gendang" adalah salah satu alat musik khas Indonesia yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Konon dinamai seperti itu karena curahan air terjun yang jatuh menyerupai suara gendang yang sedang dipukul. Maka air terjun yang semula dinamai Curug Citajur itu berubah menjadi Curug Gendang. Ditempat ini kita bisa melakukan aktifitas berkemah, hiking, berenang, foto-foto, memanjat pohon, atau ingin berakting seperti Tarzan dan Citah? Semua bisa dilakukan.
Untuk bisa ke Curug Gendang bisa melalui 2 jalur darat. Jalur Anyer dan Jalur Pandeglang.
Jika anda dari Jakarta atau dari Pulau Sumatra dan ingin menikmati pemandangan pantai dalam perjalanan, saya sarankan untuk mengambil jalur Anyer. Dari Tol Merak keluarlah melalui Gerbang Tol Serang Barat/Cilegon. Anda akan melewati suasana Kota Cilegon yang ramai dan bercuaca cukup dingin (itu jika anda naik mobil baru yang ber AC) tapi jika jalan kaki???.."wow panas banget booo!". Tidak jauh dari Tanah abangnya Orang Cilegon -+ 100 meter, anda akan melewati "Simpangan" jalan, kiri dan kanan. Ambilah jalan yang kekiri yang ke arah Anyer. Perjalanan dari "Simpang" sampai ke Curug Gendang memakan waktu -+ 1,5 jam perjalanan, sebenarnya bisa lebih cepat, jika seandainya saja Pemerintah Daerah Banten mau sedikit saja meluangkan waktu untuk memperbaiki jalan yang sudah rusak parah dan jika musin hujan lebih mirip arena latihan militer lengkap dengan lubang-lubang jebakannya. Tapi jika anda memang berjiwa petualang maka rusaknya jalan itu akan nampak seperti ajang lomba joget sesama penumpang kendaraan bermotor. Memasuki wilayah Anyer, sepanjang jalan anda akan disuguhi keindahan pantai Anyer, Karang bolong dan Carita salah satunya seperti foto diatas (Karang Bolong). Jika anda berminat hentikan saja kendaraan anda dipinggir jalan untuk menikmati pemandangan pantai Banten. Memang sebagian besar pantai-pantai yang ada telah dimiliki oleh orang, sehingga jika anda mau masuk dikenakan biaya. Namun usah khawatir biasanya biaya yang dikenakan tidak terlalu besar antara Rp.2000 s.d Rp.5000 per orang, tergantung tingkat keramaian dan keindahannya. Tapi jika anda ingin mencoba yang gratisannn!...ada kok!. Memasuki wilayah Pantai carita perhatikan sebelah kiri anda! -+ 200 meter dari Gapura Pantai Pemda ada Gapura berwarna putih dan ada tulisan Taman Wisata Carita seperti dibawah ini: Jika sudah memukan gerbang putih dan bertuliskan seperti itu,
"Selamat!" anda telah berhasil melewati segala macam godaan untuk mencapai Curug Gendang. Jarak dari gapura sampai ke gerbang Curug Gendang -+ 2 km menanjak. Jika anda menaiki kendaraan pribadi, akan memakan waktu -+ 30 menit. Namun jika tidak ada kendaraan pribadi! Maka bersiaplah untuk mendaki dengan berjalan kaki -+ 2 jam perjalanan. Namun usah khwatir, sepanjang perjalanan anda akan dihibur dengan pepohonan besar yang rindang dan jika beruntung anda dapat bertemu beberapa jenis ular daun, belalang, kupu-kupu serta beberapa macam serangga lainnya dipinggir jalan. Selain pepohonan yang rindang, jika sudah mencapai ketinggian tertentu maka kita bisa melihat pemandangan Selat Sunda dan suasana Pantai Carita dari ketinggian. Sungguh luar biasa indah!..Indah Luar biasa! Memasuki Gerbang Curug Gendang anda akan dikenakan biaya retribusi Rp. 2000/orang (kalau belum naik yah!). Di Gerbang ini bagi anda yang membawa kendaraan harus diparkir di lapangan yang luas, karena setelah gerbang, jalan hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki.
Dari Gerbang, perjalanan diteruskan lagi sepanjang 1 km mendaki dan menurun. Sepanjang jalan setapak itu mata anda akan kembali disuguhi oleh rimbunnya pepohonan, hawa yang sejuk dan atraksi beberapa ekor monyet liar yang melompat dari pohon ke pohon. Setelah itu anda akan menikmati jernih dan dinginnya air di Curug gendang.

 

 


JARINGAN INFORMASI
STATISTIK
Pengunjung : 122 orang

 IP Anda : 54.166.232.243
Hostname : ec2-54-166-232-243.compute-1.amazonaws.com
Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)
Sistem Operasi : Linux pdg.pandeglangkab.go.id 2.6.32-042stab120.20 #1 SMP Fri Mar 10 16:52:50 MSK 2017 x86_64








Top